Kamis, 21 April 2011

tahun berdirinya manchester united

MU didirikan dengan nama Newton Heath L&YR F.C. pada tahun 1878. Pada tahun 1902, club ini hampir bangkrut, dengan hutang lebih dari £2,500 (Dua ribu lima ratus poundsterling).

Pada saat hampir ditutup untuk selamanya, club ini mendapatkan aliran dana masuk sebagai investasi dari J. H. Davies, dia adalah Managing Director dari Manchester Breweries.
Menurut cerita, dulu Harry Stafford (Kapten dari klub ini) memamerkan anjing St. Bernardnya, pada saat itu J.H. Davies mendekati Harry Stafford dan bermaksud membeli anjing tersebut, namun Harry tidak mau menjual anjingnya. Tapi Harry berhasil membujuk Davies untuk menanamkan modal di club yang sedang kesulitan keuangan ini dan menunjuknya menjadi ketua klub. Kemudian disepakati untuk mengganti nama untuk menunjukkan babak baru. Beberapa nama sempat dipilih, yaitu Manchester Central dan Manchester Celtic, namun kemudian atas ide dari Louis Rocca (beliau hanya seorang imigran muda dari Itali) dia berkata, "Kenapa kita nggak menyebut kita sebagai Manchester United?". Tidak ada ajuan nama lain, sehingga nama tersebut dipakai dan secara resmi diumumkan pada tanggal 26 April 1902. Sebelumnya, warna kaos kesebelasan adalah Putih dan Hijau Navy, kemudian sejalan dengan pergantian nama ke MU menjadi Merah, Putih, dan Hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar